Menggunakan Berbagai Formasi, Bentuk, Dan Strategi Dalam Permainan Sepak Bola

Jika tim Anda bermain dengan bola panjang (pemain sering memberikan beberapa lama langsung ke pemain), cobalah untuk menjaga tim Anda melakukan umpan-umpan pendek di daerah pertahanan. Atas dasar ini, pelaku sepak bola Italia mulai gemar memikirkan taktik dan pola permainan. Taktik dinilai sebagai sebuah bagian penting dari persiapan dalam menyongsong pertandingan. Mereka yakin taktik bisa menjadi senjata ampuh guna mengatasi kekalahan fisik dan stamina dibanding dengan orang lain.

Tak jarang pula strikernya turun untuk menjemput bola, yang praktis membuat tim bermain dengan formasi dan membuat lawan kesulitan melakukan penetrasi. Seiring sepak bola yang terus berkembang tahun demi tahun, tidak hanya apa yang dilakukan para pemain di atas lapangan saja yang penting, tapi juga persiapan sebelum pertandingan, termasuk diantaranya taktik. Semakin kesini, persiapan taktik menjadi hal yang penting dalam pertandingan sepak bola, sehingga seorang pelatih harus benar-benar matang mempersiapkan taktik untuk tim asuhannya.

Formasi ini terdiri dari 4 orang bek, 2 orang gelandang atau pemain tengah bertahan, dan 3 orang pemain tengah menyerang, dan seorang striker atau penyerang. Formasi yang terdiri dari 4 orang bek, 3 orang pemain tengah, dan 3 orang penyerang ini memungkinkan bagi tim yang menggunakannya untuk mendapatkan penguasaan bola yang baik di daerah lawan. Untuk pola penyerangan, formasi ini lebih terfokus pada serangan yang dilakukan dari bagian samping atau sayap. Karena dengan umpan lambung dan assist, gol bisa dicapai dengan lebih mudah.

Formasi pemain merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah tim sepak bola. Dengan formasi, para pelatih mampu mengarahkan strategi dan taktik mereka di lapangan dengan baik. Tak seperti formasi-formasi yang memakai cuma satu striker murni, formasi memungkingkan para penyerang untuk bergerak ke jantung pertahanan lawan tanpa perlu menunggu dukungan dari lini kedua. Untuk alasan ini, para striker terbaik yang pernah bermain dengan adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan berbagai situasi serangan tanpa dukungan maksimal dari gelandang. Dengan begitu banyak pemain di lapangan tengah, tim yang memakai formasi cenderung lebih menguasai pengusaan bola.

kalau bica formasi ini, secara sekilas kita akan berpandangan dengan formasi 4-2-4. mengunakkan 4 Bek, 2 gelandang Bertahan Murni, 2 gelandang Serang, dan 2 striker. Perbedaannya terletak pada 2 Gelandang serang, di mana dalam formasi ini 2 gelandang serang tersebut harus bisa memainkan di 2 temapat pinggir (sebagai sayap) dan di tengah. berbeda dengan yang 2 gelandang serangnya memang di fokuskan untuk menyerang dan menyisir dari sisi lapangan, dan 2 gelandang bertahan itulah yang harus menguasai lini tenagh sekaligus play maker. Jenis formasi permainan dalam sepak bola 4 – 2 – 4 juga bisa menjadi formasi yang terdiri dari 4 pemain bek, 2 gelandang dan 4 penyerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *